Linknya eightbal

Friday, December 2, 2011

LPJ Pengukuhan 2011



BAB I
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG
Pencak silat adalah warisan budaya leluhur yang telah diturunkan selama berabad-abad. Warisan ini merupakan suatu hal yang sangat berharga dan patut dijaga kelestariannya. Sebagai seni beladiri,pencak silat tidak kalah dengan beladiri lain yang berasal dari luar negeri. Pencak silat memiliki perbendaharaan teknik sangat tinggi yang telah berkembang dalam kurun waktu sejarah yang sangat panjang.
Pencak silat telah menyebar ke hampir seluruh pelosok Nusantara. Pencak silat memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat peminatnya. Yang menggemari Pencak silat berasal dari beraneka ragam latar belakang dan banyak perguruan yang mampu menampung animo masyarakat yang tinggi tersebut, termasuk di antaranya yang menggeluti Silat berasal dari kalangan yang tidak memandang ras, gender, agama maupun usia bahkan orang-orang yang berasal dari beragam profesi, dari polisi, petani sampai Mahasiswa.
Salah satu aliran pencak silat yang telah berkembang dan banyak digemari saat ini adalah Silat Perisai Diri. Silat yang bernama lengkap KELATNAS Indonesia Perisai Diri ini merupakan perguruan beladiri yang sudah menyebar ke manca Negara dan bertaraf internasional yang menampung dan mengembangkan potensi beladiri para peminatnya disamping sebagai wadah peningkatan kesehatan jasmani dan rohani para anggotanya. Hal ini menyebabkan silat Perisai Diri memiliki banyak peminat.
Silat Perisai Diri telah memiliki banyak tempat latihan (yang disebut unit/ranting) yang dinaungi oleh Pengurus Daerah di tiap daerah di Nusantara. Dikarenakan jumlah ranting yang signifikan ini dan perkembangan penyebaran Silat Perisai Diri yang akan terus meluas dengan pesatnya. Sehubungan dengan berbagai persoalan di atas, Perisai Diri Unit Universitas Mataram akan mengadakan kegiatan Pengukuhan Anggota Baru Perisai Diri  Periode 2011 sebagai salah satu upaya menyiapkan anggota-anggota (kader) yang bisa di andalkan dalam berorganisasi dan sebagai pesilat yang berjiwa satria di masa mendatang. Kami berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terlaksananya kejuaraan ini 

B. MAKSUD DAN TUJUAN
1.    Adapun maksud dari kegiatan ini adalah :
·         Tercetaknya anggota Perisai Diri yang potensial dan mempunyai semangat bertarung  sehingga berguna bagi nusa dan bangsa
·         Terwujudnya insan-insan berkualitas dalam hal berorganisasi.
·         Tercetaknya anggota Perisai diri yang mempunyai keahlian dalam hal bertarung, bersosialisasi dan bisa beradaptasi dengan masyarakat.
2.    Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah :
“Sebagai tempat menyalurkan minat aktivitas organisasi bagi mahasiswa sehingga  menghasilkan generasi muda yang mempunyai pola pikir baik kemampuan Pesilat dalam menganalisis suatu permasalahan”.

C. PERSIAPAN
v  Sosialisasi Pengukuhan
v  Pembentukan panitia Pengukuhan
v  Penyusunan proposal dana
v  Penyerahan proposal
v  Pendaftaran peserta
v  Persiapan acara
v  Pelaksanaan acara pengukuhan






D.  PELAKSANAAN Kegiatan

a)            Pendaftaran peserta dan pembayaran tanggal 1- 18 februari 2011
b)            Technical meeting tanggal 18 februari 2011
c)            Upacara Pembukaan tanggal 19 februari 2011
d)           Pelaksanaan di lapangan tanggal 19 februari 2011
e)            Penutupan tanggal 20 februari 2011


E. NAMA KEGIATAN
Nama kegiatan yang sudah dilaksanakan adalah :
PENGUKUHAN ANGGOTA BARU PERISAI DIRI PERIODE 2011

F.  TEMPAT PELAKSANAAN KEGIATAN
Kegiatan ini di laksanakan pada tanggal 18 - 20 Februari  2011 bertempat di  Aula PKM Unram, dan TWA Suranadi, Narmada Lombok Barat

G.  PESERTA
Kegiatan ini diikuti oleh anggota mahasiswa di lingkungan Universitas Mataram.

H. PELAKSANA (PANITIA)

       (Terlampir)


I.      SUMBER DANA
1.     Dana UKM
2.    Konstribusi peserta Pengukuhan 2011

J. ANGGARAN BIAYA
(Terlampir)




BAB II

PELAKSANAAN




Kegiatan PENGUKUHAN ANGGOTA BARU 2011 dilaksanakan dalam dua tahap dan didapatkan peserta sebanyak 34 orang, Peserta yang berjumlah 34 orang ini, berasal dari Universitas mataram yang berjumlah 19 orang, IKIP Mataram 11 orang dan SMK 4 berjumlah 4 orang.
tahap pertama yakni kegiatan ruangan dan tahap ke dua yakni kegiatan lapangan. Diantara  peserta ini peserta dari universitas mataram berjumlah 19 orang yang telah mengikuti kegiatan sampai akhir kegiatan. Kegiatan ruangan dilaksanakan selama satu hari yaitu tanggal 18 februari 2011 di Aula PKM UNRAM dan di Lapangan dilaksanakan selama 2 hari 1 malam yaitu dari tanggal 19-20 Februari 2011 di TWA suranadi. Kegiatnan ruangan juga diberikan materi sebagai wawasan dan sebagai pengetahuan kedepannya.
Mengenai kegiatan lapangan ini peserta yang berjumlah 19 orang ini bersamaan sama peserta yang lain, hari pertama langsung menuju TWA suranadi Narmada kemudian mendirikan tenda, upacara pembukaan dan acara di mulai sampai selesai.
Tidak ada kuasa bagi kami melainkan kehendak  Allah SWT, Alhamdulillahi Rabbil’Alamin atas kehendak-Nya kegiatan ini dapat berlangsung sesuai dengan  rencana. Kegiatan ini berakhir pada tanggal 20 Februari 2011. Seluruh Peserta dan Panitia kegiatan berangkat pulang dari lokasi kegiatan pada pukul 13.00 WITA menggunakan 1 buah MOBIL( MOBIL BRIMOB )  dan seluruh peserta kegiatan tiba di Universitas mataram pada pukul 12.35 WITA dan langsung bubar dan pulang ke rumah, tempat tinggal dan kostnya masing – masing  setelah semua perlengkapan dirapikan di UKM Perisai Diri UNRAM.
 
HASIL KEGIATAN
Kegiatan Pengukuhan anggota baru periode 2011 di laksanakan selama 3 hari mulai tanggal 18 februari  2011 di aula PKM Universitas Mataram dan tanggal 19-20 februari  2011 di TWA suranadi dan berhasil menerima dan menetapkan 19 Orang anggota baru UKM Perisai Diri UNRAM yang mengikuti Pengukuhan anggota baru periode 2011.

A.  HAMBATAN KEGIATAN
Telah kita ketahuai bersama, bahwa roda kehdupan yang kita tempuhi tidak selalu berjalan sesuai dengan apa yang diinginkan, tidak akan pernah ada sebuah perubahan pada kehidupan kita kalau tidak ada permasalahan yang kita jadikan sebagai tolak ukur kekurangan dan kesadaran diri, bahwa kita hanyalah Makhluk ciptaan Allah SWT yang memiliki kelemahan.  Tentunya pada kegiatan ini memiliki kendala – kendala dan itu semua merupakan bukti adanya kelemahan yang ada pada kami selaku hamba Allah SWT yang dhaif.
Walaupun kami selaku panitia telah berupaya semaksimal mungkin untuk mempersiapkan dan melaksanakan kegiatan Pengukuhan anggota baru perode 2011 ini namun tetap saja terdapat kekurangan dan hambatan – hambatan yang mungkin merupakan ujian dari yang kuasa untuk mengingatkan kita bahwa kita adalah manusia makhluk yang bersifat bahru dan tak akan pernah luput dari kesalahan dan kekurangan. Kekurangan dan segala hal yang bersifat permasalahan dan tidak bisa kami pecahkan itu hanyalah bukti bahwa adanya kedhaifan yang ada pada diri kami dan itu semua sudah digaris bawahi oleh sang pencipta Allah azza wajjalla.
Adapun hambatan – hambatan yang kami hadapi selaku panitia selama persiapan dan selama pelaksanaan kegiatan adalah sebagai berikut :
1.     Persiapan kurang matang sampai hari pelaksanaan karena waktu yang sangat minim.
2.    Kurangnya koordinasi sesama panitia dan senior yang lebih pengalaman tentang kegiatan.
3.    Panitia kurang aktif karena masalah akademis yang kebetulan ada diantara peserta yang masiah kuliah dan praktikum.
4.    Kurangnya dana untuk mempersiapkan dan melaksanakan kegiatan Pengukuhan anggota baru perisai diri UNRAM periode 2011.
5.    Kesulitan dalam peminjaman alat yang digunakan dalam kegiatan seperti angkutan Truk dan fasilitas lainnya.

Dengan hambatan yang kami dapatkan , dan  dari hasil kegiatan, kami selaku Panitia menganggap bahwa Pengukuhan anggota baru perisai diri universitas mataram periode 2011 cukup berhasil,  seluruh kegiatan yang direncanakan dapat di laksanakan.

B.  SARAN – SARAN
Dalam pelaksanaan dan penyelenggaraan pengukuhan anggota baru perisai diri universitas mataram periode 2011 dan kegiatan - kegiatan lain pada masa yang akan datang ada baiknya rekan- rekan memperhatikan hal-hal berikut yang merupakan sedikit pengalaman dari kami saat mempersiapakan dan melaksanakan Pendidikan dan Pengukuhan anggota baru perisai diri universitas mataram khususnya tahun 2011 ini agar dalam pelaksanaan dan penyelenggaraan kegiatan-kegiatan pada masa yang akan datang dapat lebih baik dari masa sekarang ini .
1.     Kurangnya koordinasi sesama panitia.
2.    Persiapan kegiatan hendaknya jauh sebelum pelaksanaan.
3.    Pemilihan koordinator sesuai dengan keahliannya.
4.    Pemilihan pemimpin yang benar – benar memiliki kereatif dan cerdas dalam memutuskan masalah.
5.    Panitia  jangan hanya mementingkan kepentingan pribadi saja cobalah laksanakan tanggung jawab yang telah diberikan.
6.    Sesama Panitia hendaknya lebih sering bertemu dan berkoordinasi untuk menyamakan persepsi dan sikap sehingga bisa lebih kokoh dan kompak agar pada akhirnya senang di nikmati bersama dan susah di tanggung bersama pula.
7.    Pilihlah waktu pelaksanaan kegiatan yang didukung oleh alam agar tidak menemui hambatan yang di luar kuasa kita untuk menghadapinya.
8.    Manfaatkanlah dana semaksimal mungkin dengan cara kegiatan  mengikuti dana dan bukan dana yang mengikuti kegiatan, artinya sesuaikanlah kegiatan dengan dana yang tersedia .
9.    Catat setiap pengeluaran sesuai dengan yang sebenarnya di keluarkan agar tidak terjadi penyimpangan dana dan harus melalui bendahara dengan seijin ketua Reka Kerja.
10. Jangan menganggap enteng hal-hal yang kecil, dan lakukanlah evaluasi sesering mungkin agar Panitia bisa menyusun laporan kegiatan dengan suara yang sama dan tidak simpang siur, agar resiko kesalahan yang mungkin timbul bisa di tanggung bersama.
11.  Panitia agar lebih bisa memahami tugasnya masing-masing agar tidak  terjadi simpang siur dalam pelaksanaan tugas.
12. Jangan lupakan senior dan alumni untuk berkoordinasi.


BAB III
PENUTUP


Demikianlah laporan kegiatan ini kami buat dengan  sebenar-benarnya semoga dapat digunakan sebagaimana mestinya.
Kepada panitia  yang telah membantu terlaksananya kegiatan Pengukuhan anggota baru perisai diri universitas mataram periode 2011 ini atas nama seluruh panitia kami sampaikan ucapan terima kasih yang sebesar- besarnya, semoga partisipasinya di nilai sebagai ibadah oleh yang kuasa amin.
                                                                                                           

            Mataram, 23 Maret 2011




Ketua,




M.  Zaini
NIM.08.221.209
PANITIA
PENGUKUHAN








Sekretaris,




Sahrul Mubarak
C1C 009 028


Mengetahui:


 
UKM Perisai Diri
Ketua,




Ali Ikbal
PD.009008

 











Lampiran 1 :
SUSUNAN PANITIA PENGUKUHAN ANGGOTA BARU PD  2011
Pelindung                    :   Rektor Universitas Mataram (Prof. Ir. Sunarpi, Ph.D.)
Penasehat                    :  Pembantu Rektor III Universitas Mataram
                                       (Drs. H. Nasaruddin. M. kes.)
Pengarah                     :  Pembina UKM Perisai Diri (Drs. H. Abdul Azis)
Pengarah Teknis          :  Suhri SP., Abdul Hakim S.Pt
Penanggung Jawab     :  Ketua UKM Perisai Diri Universitas Mataram
(Ali ikbal)

Ketua                          :  Muh. Zaeni
Sekretaris                    :  Sahrul Mubarak
Bendahara                   :  Meriyati Hidayatullah

Sie. Acara
  • Imam Arianto (Co)
  • Moh. Irham wardhana
  • Bq Sakramayanti puspita Ningsun
  • Heri Romzy
  • Mustafa Zohri Rahman
  • Hanim Asriwani
  • Hasbiyallah


Sie. Publikasi dan dokumentasi
  • L.Irawan Saputra (Co)
  • Rosa Dimitriani
  • Suryani
  • Auliya ulhaq
·         Muhammad Ridwan
·         Novia Hilda Silviani




Sie. Perlengkapan
·         Samsul Arifin (Co)
·         Sabarudin
·         Ahmad Firdaus
·         Alan Wilastra
·         Iwan Syarifudin
·         Sudirman
·         Habibudin


Sie. Konsumsi
·         Ilham Supriadi (Co)
·         Husnul Khotimah
·         Suci Wahida
·         Umratul Wahida
·         Bq. Nila Bukit Bungayati
·         Intan Lis Utami
·         Heri Suprinda





Lampiran 2

RENCANA ANGGARAN BIAYA

Kesekretariatan :
1.      Kertas HVS 1 Rim @ Rp 22.000.-                       Rp 22.000,-
2.      Kertas Manila 5 Lembar @ Rp 1.500,-                 Rp   7.500,-
3.      Spidol                                                                    Rp   7.500,-
                                                                                                            Rp.    37.000,-
Perlengkapan :
1.      Tali Rapia 1 Gulung Besar @ Rp 4.000,-             Rp     4.000,-
2.      Baterai Besar 5 Buah @ Rp 2.000,-                     Rp     5.000,-
3.      Baterai Kecil 4 Buah @ Rp 1.000,-                      Rp     4.000,-
                                                                                                            Rp      13.000,-
Konsumsi :
1.      Peserta       30 x 3 x 2 x Rp 5.000,-                       Rp    900.000,-
2.      Panitia       30 x 3 x 2 x Rp 5.000,-                       Rp    900.000,-
                                                                                                            Rp 1.800.000,-
Publikasi dan Dokumentasi :
1.      2 Roll Film @ Rp 24.000,-                                   Rp 48.000,-
2.      Cuci Cetak                                                            Rp 70.000,-
3.      Kain Spanduk 2 Rentang @ Rp 15.000,-                         Rp 30.000,-
4.      Kertas Lilin 15 Lembar @ Rp 1.000,-                  Rp 15.000,-
5.      Lem Besar                                                             Rp   4.000,-
                                                                                                            Rp.   167.000,-
Transportasi :
1.      1 Unit Bus @ Rp 200.000,-                                  Rp 200.000,-
2.       Bensin Operasional 10 Liter @ Rp 2.500,-          Rp   25.000,-
                                                                                                            Rp    225.000,-
TOTAL BIAYA                                                                                Rp 2.242.000,-



Terbilang : Dua Juta Dua Ratus Empat Puluh Dua Ribu Rupiah
 









Lampiran 3

NAMA-NAMA ANGGOTA PERISAI DIRI  LULUS PENGUKUHAN ANGGOTA BARU PERIODE 2011


NO
NAMA
FAKULTAS
1
Kamarudin alpan
  PERTANIAN
2
Deny surjani
MIPA
3
Akfa wahyudi
TEHNIK
4
Sukmawati
FKIP
5
Ahmad zuli azrori
PERTANIAN
6
Giras genta tiwikrama
HUKUM
7
M. fahrul R.
EKONOMI
8
Dewi handayani
FKIP
9
Lalu widadiguna
EKONOMI
10
Kamil jarosz
FKIP
11
Khairul umam
HUKUM
12
Bq januartti ayu helena
PERTANIAN
13
Lalu burhanudin
FKIP
14
Adi Pralyanto Anggajaya
TEHNIK
15
Puja rohendi
TEHNIK
16
Zaenul azwan
TEHNIK
17
Rima listiani
TEHNIK
18
Siti nurlaili usmayani
PERTANIAN
19
M.zaeni
TEHNIK






















DOKUMENTASI PENGUKUHAN 2011

*

1 comment:

sutikblog said...

good knowledge..must be the best for UKM perisai diri unram