Bekerja dengan profesional merupakan hal yang penting, begitu juga
dengan menjalin hubungan yang baik dengan rekan kerja. Ada kalanya jika
Anda tahu bagaimana pandangan rekan kerja terhadap Anda. Jika terasa
ada yang mengganjal, mungkin saja ada sesuatu yang salah.
Hal yang perlu disadari adalah berperilaku sopan agar Anda dapat
menajadi rekan kerja yang baik di mata atasan Anda maupun partner kerja
lainnya. Seperti dikutip oleh Life Script, berikut kiat agar menjadi
rekan kerja yang baik.
1. Hindari bergosip
Tentu saja Anda perlu berkomunikasi dengan sesama rekan kerja. Namun
jika ada rekan kerja yang mulai menceritakan gosip, sebaiknya Anda
simpan gosip itu sendiri dan jangan biarkan orang yang lainnya
mengetahuinya.
Usahakan untuk tidak menjadi biang gosip di kantor. Memang, godaan
untuk bergosip itu sulit untuk ditolak, namun menjadi tukang gosip bisa
merusak karir Anda. Jangan rusak citra Anda hanya karena suka
bergosip. Semakin Anda dikenal sebagai biang gosip, semakin diragukan
pula kepercayaan Anda oleh tim kerja lainnya.
2. Menjadi pribadi yang positif
Kepribadian yang positif merupakan hal yang penting. Hal ini dapat
membantu Anda untuk tidak melakukan hal negatif misalnya, seperti
mengeluh tentang suatu pekerjaan yang sedang dilakukan. Berhati-hatilah
dengan segala keluhan Anda. Jangan biarkan Anda menjadi rekan kerja
yang menjengkelkan hanya karena suka mengeluh ketika bekerja.
3. Diam itu emas
Jika ruangan kerja Anda tidak terlalu luas, usahakan untuk berbicara
pelan saat Anda sedang dalam pembicaraan di telepon. Perhatikanlah
rekan kerja Anda lainnya yang berada di sekeliling Anda. Jangan sampai
bunyi telepon Anda mengganggu konsentrasi mereka. Ada baiknya jika Anda
merubah volume dering telepon dengan tingkat terendah. Jika Anda
menggunakan ponsel, pastikan juga bahwa ponsel dalam mode 'silent'.
4. Menghargai privasi
Meskipun Anda terbilang dekat dengan rekan kerja dan duduk bersebelahan
di dalam ruangan yang sama, namun Anda juga harus tetap dapat menjaga
privasinya. Tak usah penasaran dengan situs apa yang sedang ia buka
karena bagaimanapun juga ia mempunyai privasi tersendiri. Hal tersebut
juga berlaku sebaliknya, jika Anda menghargai privasinya, maka rekan
kerja juga akan menjaga privasi Anda.
5. Bekerjasama dengan baik
Anda berkarir bukan hanya untuk diri sendiri, namun Anda juga bekerja
untuk perusahaan dan memiliki tujuan bersama dengan rekan kerja
lainnya. Anda bekerja tidak sendiri, dan tak jarang Anda membutuhkan
bantuan rekan kerja. Jadi jika Anda dapat bekerjasama dengan baik, maka
secara otomatis Anda akan disukai oleh tim kerja, sehingga mereka
memandang Anda sebagai rekan kerja yang kooperatif.
No comments:
Post a Comment